Tips Charge Baterei Smartphone Agar Tahan Lama

Tips Charge Baterei Smartphone Agar Tahan Lama - Pada umumnya, umur baterei ponsel pintar (smartphone) dapat bertahan sampai 2 - 3 tahun. Apabila seseorang baru 1 tahun memiliki smartphone dan batereinya cepat habis, maka kemungkinan besar ada yang salah dalam hal perawatan baterei tersebut. Di samping melakukan beberapa pengaturan khusus, sebaiknya para pengguna smartphone melakukan beberapa tips charge smartphone berikut ini supaya umur baterei bisa bertahan lebih lama atau berumur panjang.

Jangan menunggu sampai baterei habis total

Sangat dianjurkan agar tidak pernah membiarkan atau menunggu baterei smartphone habis total (0%). Jenis baterai yang saat ini banyak digunakan oleh smartphone adalah lithium-ion dan lithium-polymer. Kedua jenis baterei ini akan menurun kualitasnya jika sering dibiarkan habis atau mati total. Berbeda dengan baterei ponsel jaman dulu yang terbuat dari nikel dan tidak masalah jika dibiarkan hingga habis. Proses isi ulang (charge) baterei dari 0-50% ternyata memerlukan daya lebih besar jika dibandingkan dari 50-100%.
 
Charger yang tepat

Meskipun beberapa model ponsel pintar dari vendor berbeda memiliki colokan charger yang sama, sebaiknya tetap menggunakan charger pabrikan atau bawaannya. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar baterei tidak terisi daya yang melebihi kapasitasnya. Lebih parah lagi, baterei bisa meledak jika charger yang digunakan tidak tepat. Di samping itu, lebih baik lagi jika memilih charger yang sudah dilengkapi fitur auto current cut yang akan memutus arus ke baterei ketika sudah terisi penuh.
 
Jangan melakukan charge baterei sampai penuh

Selain tidak menunggu hingga baterei habis total, disarankan agar melepas charger sebelum baterei benar-benar penuh (100%). Cara ini diyakini mampu menjaga kualitas baterai lithium-ion atau lithium-polimer sehingga dapat bertahan lebih lama. Usahakan agar baterei berada pada angka 40-80%. Jangan pernah melakukan charge baterei semalaman atau ditinggal tidur karena bisa menyebabkan baterei panas dan gembung.
 
Matikan perangkat saat charge baterei


Untuk memperpanjang umur dan menjaga kualitas baterei, sebaiknya selalu mematikan perangkat ketika melakukan isi ulang baterei. Jika tidak memungkinkan untuk dimatikan perangkatnya, setidaknya aturlah perangkat dalam mode sleep ketika di-charge. 
Tag : gadget
0 Komentar untuk "Tips Charge Baterei Smartphone Agar Tahan Lama"

Back To Top