Tips membuka usaha laundry kelas rumahan

Tips membuka usaha laundry kelas rumahan - Telah jalan nyaris setahun usaha Laundry Rumahan ini, yang saya kasih nama red Laundry. Pertamanya saya pingin buat usaha laundry yang besar... namun seluruhnya yang terlampau besar itu buat tidak jalan-jalan. Apa saja sih yang perlu disediakan dalam mengawali usaha laundry rumahan :

1. Mesin Cuci
Ada teman yang telah nyobain buat usaha sejenis duluan. Dia merekomendasikan untuk menggunakan merk Elektrolux untuk mesin cucinya. Selalu kasih rekomendasi orang yang jual merk itu second. Sesudah aq hubungi nyatanya harga nya seputar 2 jt an. Ada garansinya sih... namun dari pada beli second mending beli baru.
Terdapat beberapa banget pilihan mesin pencuci. Dari mulai yang mahal mpe yang paling murah. Pada akhirnya saya tentukan Samsung kemampuan 7kg harga 3, 3 jt.

2. Mesin Pengering atau Dryer
Untuk Dryer semua watt nya besar rata2 2000 Watt, walaupun juga listrik ditempat usaha 4, 000 Watt namun saya putuskan untuk awal g butuh gunakan Dryer irit listrik.

3. Setrika
Aq tentukan Philips Rp 200. 000, -

4. Hanger, Jemuran, Ember
Aq gunakan seluruhnya yang telah ada dirumah saja.

5. Plastik Pembungkus cucian
Beli di toko plastic, usahakan beli yang ada variasinya biar lebih menarik dan terkesan profesional

6. Nota
Buat sendiri ukuran 1/8 HVS berisi Tgl Masuk, Tgl Jadi, Harga, Nama, Jumlah, Berat trus difotocopy sejumlah mungkin saja.

7. Sabun Bersihkan serta Pewangi
Awalannya saya gunakan merk yang telah populer seperti Molto serta daia, namun kok boros banget ya... Pada akhirnya untuk sabun terus gunakan Rinso, namun pewangi gunakan minyak wangi spesial untuk laundry. Umumnya saat usaha Laundry kita dah mulai jalan pasti ada sales yang jual parfum laundry yang automatis tawarkan produknya ke kita. Lebih murah serta lebih wangi.

8. Rack Display
inginya sih pesen rack spesial dengan beberapa warna okey serta design unik. Namun buat apa buang2 uang sampai jutaan rupiah atau beberapa ratus ribu hanya buat rack. ternyata memakai Rack murah meriah sisa rack buku masa kuliah dahulu. jadi untuk rack buku dapat dikira 0 Rupiah.

9. Neon Box
Janganlah lupa untuk menarik, buat sinyal tanda bila kita buka Laundry. Dapat gunakan Spanduk MMT, X Banner maupun neon box. Untuk Neon Box ukuran 1 m x 0. 6 m seharga Rp 800. 000, - an. Untuk X-Banner aq gunakan sisa usaha konter hpku dahulu namanya Dee-Cell, tulisan Cell aq tutupin stiker ubah jadi Laundry. Nutup stiker hanya Rp 15. 000, - doang. Lumayan ngirit.

10. Tempat
Janganlah lupa tempat itu yang paling utama. Bila dapat usaha memanglah ditempat strategis, namun bila mesti nyewa tunguuu duluuu. Hitung-hitung dahulu untung ruginya nyewa. Coz nyewa tempat itukan nanti jadi fixed biaya, cost terus yang perlu dikeluarkan terus-terusan yang automatis kurangi keuntungan kita. Bila dirumah ada tempat yang dapat digunakan mengapa tak? Aq putuskan untuk gunakan garasi mobil juga sebagai tempat Laundry. Bila telah jam 22. 00 Laundry tutup baru mobil masuk.

11. Pegawai
Bila tidak dapat ditangani sendiri ya kita cari pegawai untuk kerjakan. Di antara semaunya pegawai yaitu aspek terpenting serta penentu. Paling sulit juga, temukan pegawai yang setia, jujur, rajin, ingin dibayar rendah. Pembayaran pegawai base on volume laundry. Per kg laundry Rp 3. 000, - dikalikan jumlah kg dlm sebulan di ambil 40%.


Saat ini /hari red Laundry dapat melayani rata-rata 25 kg, omzet perbulan Rp 2. 000. 000, - dikurangi upah karyawan dan lain-lain untung dapat 1 jt an per bln.. Serta masih tetap dapat ditingkatkan selalu. Dengan modal tak hingga Rp 4. 000. 000, - rupiah berarti balik modal cuma dalam 4 bln. saja.
Tag : bisnis
0 Komentar untuk " Tips membuka usaha laundry kelas rumahan"

Back To Top