Mengenal efek gitar dan jenis suaranya

Mengenal efek gitar dan jenis suaranya - Terdapat beberapa ketidaksamaan pd nada gitar musisi masa dulu dgn musisi masa saat ini. Di masa teknology ini, musisi mempunyai semakin bnyk variasi untuk membuahkan sound yang variatif serta cantik. Terutama beberapa gitaris, Beberapa gitaris saat ini condong memakai dampak gitar untuk membuat cantik sound gitarnya. Dampak dampak gitar itu ada berbagai macam mulai distorsi, flanger, wah, delay, serta yang lain.
Di masa digital ini, beberapa hal analog yang dikonversi jadi digital. Saat ini sangat bnyk yang memakai software dampak gitar, mungkin saja lantaran software dampak gitar seperti guitar rig, overloud th1, amplitube, lebih murah dr pd mesti beli dampak gitar yang asli.
Untuk yang telah memakai software dampak Gitar seperti Guitar Rig 5, namun baru sebatas memakai dampak presets pd guitar rig serta mau merangkai dampak gitar sendiri, jadi anda butuh memerhatikan/tahu type type dampak gitar untuk dirangkai serta membuahkan nada yang bagus.

1. Boost
Boost yaitu dampak yang dipakai untuk tingkatkan tanda input tak tahu itu dr gitar, bass, atau sumber input nada yang lain. Boost ini lalu kelak punya pengaruh juga pd sound yang dihasilkan bila digabungkan dgn distorsi. Boost juga punya pengaruh pd sustainability nada gitar. Sustainability yaitu seberapa panjang nada gitar yang dihasilkan. Bila Boost nya besar, automatis distorsi yang diberikanpun tak perlu terlampau besar, lantaran kelak suaranya malah bakal Peak. Peak umumnya ditandai dgn tanda nada yang berwarna merah, yang aman yaitu dipertengahan warna hijau.

2. Compression
Compression dipakai untuk membatasi tanda input nada yang masuk. Compression bisa mendeteksi range amplitude tanda bawah/rendah (bottom) serta range amplitude tanda tinggi/atas (top). Nah, dgn Compression ini anda dpt pilih nada mana yang bakal dimaksimalkan, apakah amplitude bawah atau yang atas. Bila anda terasa amplitude bawah merasa kurang enak sesuai sama apa yang diinginkan anda jadi anda dpt meminimalkan/kurangi suaranya hingga nada amplitude atas dpt keluar dgn cara optimal.

3. Gate/Noise Cancellation
Gate atau Noise Cancellation yaitu suatu pintu gerbang untuk keluarnya nada. Ibaratnya begini, suatu saluran air, bila saluran pintu saluran airnya terbuka lebar, jadi airnya yang keluar juga bnyk, bila pintunya cuma di buka sedikit, automatis airnya keluar sedikit. Jadi, bila Gatenya di besarkan (pintunya makin ditutup) jadi nada yang keluar makin kecil. Bila Gatenya dikecilkan (Pintunya makin di buka) jadi nada yang keluar makin besar. Dampak Gate ini dpt diketemukan pd Guitar Rig, serta Overloud TH1.

Lantas apa hubungan dgn Noise Cancellation?
Gate juga berperan juga sebagai Noise Cancellation. Anda pasti kerap merasakan nada dampak gitar distorsi apa pun dampak yang anda pakai, tak tahu itu analog maupun yang digital seperti Guitar Rig maupun Overloud TH1, terdengar kemresek atau bnyk noise, atau Hiss. Noise itu nampak lantaran seluruhnya tanda nada dikeluarkan, baik yang tinggi ataupun yang rendah. Noise umumnya ada pd frequensi rendah. Nah, untuk kurangi noise itu, bermakna nada yang masuk mesti dibatasi dgn Gate. Bila Gatenya di besarkan, automatis input nada makin kecil serta automatis juga nada noise/hiss dpt di hilangkan.
Namun, Gate in juga mempunyai kekurangan atau dampak negatif. Bila Gatenya terlampau besar, jadi nada yang dihasilkan tak dpt sustain atau panjang. Nada serta dampak yang dihasilkan bakal berdurasi pendek lantas menghilang. Jadi, bila Gatenya benar benar tinggi, jadi nada yang dihasilkan komponen efek gitar dpt hilang dalam durasi yang singkat serta dgn cara tiba tiba tanpa ada hilang malalui sistem fading atau menghilang sedikit untuk sedikit.
Jadi, bila anda mau nada dampaknya (umpamanya dampak gitar distorsi) panjang serta tak cepat berhenti, jadi salah satu aspek yang butuh anda cermati yaitu Gatenya. Yakni dgn mensetting Gatenya tak terlampau besar. Jadi anda dpt memperoleh dua faedah yakni nada noise hilang serta nada dampak dpt terus panjang.

4. Fuzz
Fuzz agak serupa dgn distorsi, Hanya, fuzz terdengar lebih lembut serta lebih boxi, seperti ada didalam kotak kaleng . Gitaris yang sangatlah kerap memakai Fuzz yaitu Jimi hendrix.

5. Octave
Sesuai sama namanya, Octave bikin dampak dgn menghadirkan nada penambahan yang nada itu yaitu satu oktav lebih rendah atau lebih tinggi. Langkah kerja Octave ini yaitu mengambil sample input sound. Umpamanya anda membunyikan suara G, jadi dampak Octave ini bakal mengambil sampel sound input suara G itu lalu bikin copiannya yang dirubah ke suara octave lebih tinggi serta dimainkan bareng dgn nada inputnya. Jadi, nada yang keluar yaitu G normal (sesuai sama input) serta G tinggi. Dgn hal tersebut anda dpt memperoleh nada double.


6. Chorus
 Chorus dipakai untuk bikin copian nada input untuk dimainkan bareng dgn nada input. Chorus tak seperti Octave lantaran chorus tak mengubah tinggi suara input. Aslinya, maksud chorus yaitu dipakai untuk mensimulasikan nada dua penyanyi berbarengan.

7. Distortion
Beberapa orang mencampurkan adukkan pd Overdrive, Distortion, serta Fuzz. Ketiganya tidaklah sama. Memanglah ketidaksamaannya tak demikian penting apabila tak di perhatikan dgn cara cermat. Overdrive memanglah dpt membuahkan suare dampak distorsi, tetapi dampak distorsinya tak demikian kuat serta rata. Overdrive sesungguhnya cuma tingkatkan gain dr input sound. Saat inputnya sedikit, jadi nada bakal terdengar semakin besar, apabila inputnya besar, suaranya bakal merasa seperti distorsi. Distorsi mengacak nada hingga terdengar agak kemresek. Tetapi, Distortion membuahkan nada yang lebih rata, besar atau kecil inputnya, dia bakal terdistorsi. Teorinya yaitu untuk membuahkan dampak distorsi, tanda input diclip/dipotong serta di ambil tengahnya saja, hingga tampak lebih rapat sinyalnya. Sedang Fuzz yaitu distorsi yang sinyalnya lebih rapat hingga Fuzz dampaknya terdengar lebih boxi atau seperti ada di dalam wadah kotak kaleng . Wah sulit juga merubah bunyi jadi nada. untuk lihat lebih detail, cobalah saja deh segera lantaran ketidaksamaannya dikit banget.

Ok demikian dahulu tulisan Mengetahui Dampak Gitar ini ya

Selanjutnya saya bakal menuturkan perihal pemakaian Guitar Rig juga sebagai dampak gitar di PC/Laptop
Tag : edukasi
0 Komentar untuk "Mengenal efek gitar dan jenis suaranya"

Back To Top