Rayap adalah serangga sosial

Rayap adalah serangga sosial - Rayap adalah serangga polimorfis yang hidup dengan cara berkoloni. Hal semacam ini ditandai dgn pembagian manfaat/peran tiap-tiap anggota koloni dlm pembentukan kasta. Dlm satu koloni, rayap dibagi ke tiga kasta, yakni kasta pekerja, kasta prajurit, serta kasta reproduksi

a. Kasta Pekerja Kasta pekerja adalah anggota yang mempunyai peran utama dlm koloni. Seputar 80-90% anggota koloni rayap terbagi dalam kasta pekerja. Pekerjaan rayap pekerja yaitu berikan makan anggota-anggota koloni yang lain, menjaga telur, dan bikin serta menjaga sarang. Kasta
 pekerja bisa dikatakan sebagai “inti koloni rayap”. Mereka memakai feromon dlm
 berkomunikasi dgn anggota koloni. Mereka memercayakan indera pendeteksi bau (olfactory), pendeteksi rasa (gustatory), serta pendeteksi mekanis (mechanoreceptor). Rayap pekerja mempunyai kesibukan tertinggi baik didalam sarang ataupun diluar sarang. Rayap inilah yang mengakibatkan rusaknya type tanaman, kayu, mebel, dana bahan berselulosa yang lain. Dlm keadaan spesifik, rayap ini dapat juga berbentuk kanibalistik, yakni membunuh serta mamakan individu-individu yang lemah atau mati untuk menghemat daya dlm koloninya
b. Kasta Prajurit Kasta prajurit mempunyai fungsi dlm membuat perlindungan koloni pada masalah dr luar. Kasta prajurit dicirikan dgn bentuk kepala yang besar dgn sklerotisasi yang kuat. Anggota-anggota kasta ini memiliki rahang (mandibel) atau rostum yang besar serta kuat hingga menyusahkannya untuk menjangkau serta menggigit makanannya sendiri. Oleh karenanya, dalam kehidupannya rayap prajurit tidak bisa mengonsumsi makanannya sendiri. hingga mesti dilayani oleh kasta pekerja. Berdasar pada bentuk dr kasta prajuritnya, rayap bisa dibedakan atas 2 grup yakni jenis mandibulate serta jenis nasuti. Pada jenis mandibulate prajurit-

 prajurit memiliki rahang (mandibel) yang kuat serta besar tanpa ada rostum, sedang jenis nasuti memiliki rostum yang panjang namun mandibelnya kecil. Rayap prajurit dapat menyerang musuhdgn mandibel yang bisa menusuk, mengiris, serta menjepit. Kasta prajurit dr spesies Coptotermes  spp bisa menyemprotkan cairan berwarna putih susu dr lubang kecil pada kepalanya (  frontal gland ) yang bersi. fat toksin untuk musuh alami c.

Kasta Reproduktif Kasta reproduktif primer adalah imago-imago bersayap sebagai pendiri koloni (raja serta ratu). Imago-imago bersayap ini di kenal sebagai laron yang mempunyai organ reproduksi yang berkembang. Saat penerbangan ( swarming ) ini adalah masa perkawinan, di mana sepasang imago jantan serta betina bersuau serta selekasnya menanggalkan sayapnya lalu mencari tempat yang sesuai sama di dalam tanah atau kayu. Sesudah kopulasi ratu membuahkan telur. Pada sebagian type Famili Rhinotermitidae serta Termitidae, abdomen imago betina bisa jadi gemuk serta meraih panjang hingga 8 cm. Ratu rayap bisa hidup seputar 20 th. sedang usia rayap pekerja serta prajurit cuma seputar satu sampai dua th. (Markle 2008). Sepanjang hidup ratu cuma membuahkan telur, sedang makannya dilayani oleh rayap pekerja. Dlm situasi spesifik seperti situasi terisolir atau ratu yang mati, koloni bakal membuat kasta reproduktif suplementer (neoten). Pada situasi ratu yang lemah, ratu bisa keluarkan feromon apakah mesti membuat reproduktif suplementer. Pada kasta reproduktif suplementer sayapnya sudah alami degenerasi sehinggga cuma berbentuk benjolan sayap saja atau tak bersayap sekalipun. Kasta ini nampak jika reproduktif primer atau koloni memerlukan menambahkan reproduktif sekunder (neoten). Neoten akan terbentuk bila beberapa koloni terpisah (terisolasi) dr sarang intinya, hingga satu koloni baru bakal terbentuk. Kasta ini bisa terbentuk sekian kali dlm jumlah yang besar sesuai sama perubahan koloni. Ratu rayap bisa menghasilkan telur tiap-tiap tiga detik, siang serta malam seputar 30. 000 telur sehari-harinya. Berdasar pada tempat bersarangnya rayap perusak kayu bisa dikelompokkan dlm jenis-tipe tersebut : 1.

1. Rayap pohon, yakni beberapa jenis rayap yang menyerang pohon yang masih tetap hidup serta bersarang di dlmnya hingga tak terkait dgn tanah. Misal yang khas dr rayap ini ialah Neotermes tectonae  (famili Kalotermitidae) yang disebut hama pohon jati.
2. Rayap kayu lembab ( damp wood termite ) menyerang kayu mati serta lembab, bersarang dlm kayu, serta tak terkait dgn tanah. Misal dr type rayap ini yaitu Glyptotermes spp., famili Kalotermitidae.
3. Rayap kayu kering, seperti Cryptotermes spp. (famili Kalotermitidae), hidup dlm kayu mati yang sudah kering. Hama ini umum ada di rumah-rumah serta perlengkapan mebel. Serangannya bisa ditandai karenanya ada butir-butir ekskremen kecil berwarna kecoklatan yang kerap berjatuhan di lantai atau di seputar kayu yang terserang. Rayap ini dapat tak terkait dgn tanah, lantaran habitatnya kering. Dlm satu koloni rayap ini dapat sejumlah sampai beberapa ribu ekor.

4. Rayap subteran, biasanya hidup didalam tanah yang memiliki kandungan bnyk bahan kayu yang sudah mati atau membusuk, tunggak pohon baik yang sudah mati ataupun masih tetap hidup. Di Indonesia rayap subteran yang paling bnyk mengakibatkan kerusakan yaitu beberapa jenis dr famili Rhinotermitidae. Terlebih dr genus Coptotermes ( Coptotermes spp.) & Schedorhinotermes . Genus Coptotermes di kenal sebagi rayap dgn serangan yang paling ganas. Tingkah laku rayap ini serupa rayap tanah seperti Macrotermes  tetapi ketidaksamaan paling utama yaitu kemampuan Coptotermes untuk bersarang didalam kayu yang diserangnya, meskipun tak ada jalinan dgn tanah, asal saja sarang itu sekali-sekali beroleh lembab, umpamanya tetesan air hujan dr atap bangunan yang bocor. 5.


Rayap tanah. Beberapa jenis rayap tanah di Indonesia yaitu dr famili Termitidae. Mereka bersarang dlm tanah terlebih dekat pada bahan organik yang memiliki kandungan selulosa seperti kayu, serasah, serta humus. Contoh-contoh Termitidae yang paling umum menyerang bangunan ialah Macrotermes spp.(terutama M. gilvus ) Odontotermes  spp. dan Microtermes spp. Beberapa jenis rayap ini sangatlah ganas, bisa menyerang obyek-obyek berjarak hingga 200 mtr. dr sarangnya. Untuk meraih kayu sasarannya mereka bahkan juga bisa menembus tembok yang tebalnya sebagian cm, dgn pertolongan enzim yang dikeluarkan dr mulutnya. makanya sangat jarang sekali obat anti rayap yang dapat membasminya.
Tag : edukasi
0 Komentar untuk "Rayap adalah serangga sosial"

Back To Top