Suzuki Wagon R - Mobil LCGC Murah dari Suzuki

Suzuki Wagon R - Mobil LCGC Murah dari Suzuki - PT. Suzuki Indomobil Sales sebagai agen pemegang merk Suzuki telah memperkenalkan mobil low cost green car (LCGC) pada event Indonesia International Motor Show bulan September tahun 2013. Pihak pabrikan Suzuki rupanya sudah bekerja keras untuk merilis produk mobil murah ini di pasar Indonesia. Oleh karena mobil ini termasuk kategori LCGC, maka harga Suzuki Wagon R pun menjadi lebih terjangkau.

Jajaran marketing Suzuki sangat yakin bahwa varian Wagon R yang dirilis pada tahun-tahun sebelumnya akan disukai oleh pasar otomotif Indonesia. Interior mobil ini lega meskipun dikendarai hingga lima penumpang. Dari tahun 1993 - 2013, akumulasi penjualan global dari Suzuki Wagon R mencapai 6.4 juta unit. Saat itu, banyak sekali calon pembeli yang sudah tercatat dalam daftar inden meski sebenarnya Wagon R belum memasuki proses produksi. Harga Suzuki Wagon R dibanderol sekompetitif mungkin dengan produk mobil LCGC lain yang sudah lebih dahulu beredar di pasaran.

Ketika mengajukan proposal LCGC ke pemerintah, pihak Suzuki memastikan bahwa mereka bisa memenuhi aturan dari pemerintah berupa 85% komponen lokal dengan cara bertahap. Sesuai aturan pemerintah juga, konsumsi bahan bakar mobil ini bisa 20 kilometer per liternya. Bahan bakar yang paling dianjurkan untuk mengendarai Suzuki Wagon R adalah jenis bensin Ron 92. Jika kualitas bensinnya dibawah Ron 92, maka kemungkinan besar mesinnya tidak akan optimal.

Pada tahun 2012, mobil Suzuki berhasil mencetak rekor penjualan tertinggi di tanah air yakni sebanyak 127 ribu unit. Indonesia memang merupakan salah satu pasar pertumbuhan tercepat untuk jajaran produk mobil andalan Suzuki. Angka penjualan tahun 2013 sudah bertumbuh lebih dari 38% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.


Sebagai perbandingan, mobil multiguna (MPV) Ertiga berhasil mencapai angka penjualan sebanyak 72 ribu unit. Sedangakn untuk Suzuki Swift mencapai angka penjualan sebanyak 4000 unit. Untuk merealisasikan dan mencapai target yang lebih besar lagi, pihak Suzuki membangun pabrik perakitan mobil di kawasan industri Cikarang. Disana terdapat lahan dengan luas mencapai 1.3 juta meter persegi yang letaknya bersebelahan dengan lokasi pabrik transmisi dan mesin yang sedang dibangun. 
Tag : lain-lain
0 Komentar untuk "Suzuki Wagon R - Mobil LCGC Murah dari Suzuki"

Back To Top